SEJARAH DPRD KABUPATEN BANGGAI LUWUK | RIMAN PORTAL

SEJARAH DPRD KABUPATEN BANGGAI LUWUK

SERVER PULSA TERPERCAYA

Kantor DPRD  Luwuk Kabupaten Banggai pada awalnya didirikan di Jl.Ahmad Yani  pada Tahun 1967 , yang bernama awal DPRD-GR  dipimpin ketua DPRD-GR  pertama R.Atjeh Slamet.Kantor DPRD-GR  pada awalnya terdiri dari 3 partai dan memiliki anggota dewan 25 orang


Atas usulan dan kerjasama antara Bapak  Drs.H.Jar’un Sibay dengan Bapak Bupati Banggai Drs H.M.Yunus pada saat itu,serta dibantu oleh CV. KURNIA  Kemudian didirikan Kantor DPRD baru pada tahun 1995 didaerah Lalong,karena Kantor lama sudah tidak sesuai lagi penggunaanya pada masa sekarang.
Kantor DPRD yang ada pada saat ini, diPrakarsai  oleh CV. VITRON kemudian diresmikan oleh Gubernur Tingkat I Sulawesi Tengah Drs.H.B Paliuju yang dipimpin ketua DPRD Drs.H.Jarun Sibay.
Struktur DPRD kemudian mengalami perubahan yang awalnya hanya terdiri dari 3 partai kini menjadi 48 partai Sehingga anggota dewan yang dahulunya hanya 25 kini menjadi 35 orang anggota dewan, memiliki 7 Fraksi yaitu,Fraksi Golkar,Fraksi PDIP,Fraksi Persada,Fraksi Demokrat,Fraksi Hanura,Fraksi PAN, Fraksi PKS, memiliki 3 komisi yaitu,Komisi A,komisi B dan Komisi C .
Kantor DPRD ini sudah mengalami renovasi terbesar pada tahun 2000 akibat gempa bumi sehingga terdapat bagian bangunan yang roboh,renovasi ini di inisiatifi oleh Bupati Kabupaten Banggai Drs.H.M.Yunus dan di bantu oleh CV. VITRON sehingga menjadi gedung yang ada pada saat ini .