RANCANGAN PROSES PENGENDALIAN | RIMAN PORTAL

RANCANGAN PROSES PENGENDALIAN

SERVER PULSA TERPERCAYA


Pengendaian
A.            Pengertian Pengendalian (Pengawasan)
Pengendalian (controlling) merupakan suatu faktor penunjang penting terhadap efisiensi organisasi, demikian juga pada perencanaan pengorganisasian, dan pengarahan. Pengendalian adalah suatu fungsi yang positif dalam menghindarkan dan memperkecil penyimpangan-penyimpangan dari sasaran-sasaran atau target yang direncanakan. Setiap pengorganisasian, oleh karena itu harus memiliki sistem pengawasan (pengendalian)
B.            Jenis-Jenis Pengendalian
Jenis-jenis pengendalian adalah sebagai berikut:
1.                Pengendalian Karyawan (Personnel Control)
Pengendalian ini ditujukan kepada hal-hal yang ada hubungannya dengan kegiatan karyawan. Misalnya apakah karyawan bekerja sesuai dengan rencana, perintah, tata kerja, disiplin, absensi, dan sebagainya.
2.      Pengendalian Keuangan (Financial Control)
Pengendalian ini ditujukan kepada hal-hal yang menyangkut keuangan, tentang pemasukan dan pengeluaran, biaya-biaya perusahaan termasuk pengendalian anggaran.
3.      Pengendalian Produksi (Production Control)
Pengendalian ini ditujukan untuk mengetahui kualitas dan kuantitas produksi yang dihasilkan, apakah sesuai dengan standar atau rencananya.
4.       Pengendalian Waktu (Time Control)
Pengendalian ini ditujukan kepada penggunaan waktu, artinya apakah waktu untuk mengerjakan suatu pekerjaan sesuai atau tidak dengan rencana.
5.      Pengendalian Teknis (Technical Control)
Pengendalian ini ditujukan kepada hal-hal yang bersifat fisik yang berhubungan dengan tindakan dan teknis pelaksanaan.
6.      Pengendalian Kebijaksanaan (Policy Control)
Pengandalian ini ditujukan untuk mengetahui dan menilai, apakah kebijaksanaan-kebijaksanaan organisasi telah dilaksanakan sesuai yang telah digariskan.
7.      Pengendalian Penjualan (Sales Control)
Pengendalian ini ditujukan untuk mengetahui, apakah produksi atau jasa yang dihasilkan terjual sesuai dengan target yang ditetapkan.
8.      Pengendalian Inventaris (Inventory Control)
Pengendalian ini ditujukan untuk mengetahui, apakah inventaris perusahaan masih ada semuanya atau ada yang hilang.
9.      Pengendalian Pemeliharaan (Maintenance Control)
Pengendalian ini ditujukan untuk mengetahui, apakah semua inventaris perusahaan dan kantor dipelihara dengan baik atau tidak, dan jika ada yang rusak apa kerusakannya, apa masih dapat diperbaiki atau tidak.

Contoh Kasus
“Tidak Bisa Memanfaatkan Internet Secara Bijak”
1.      Menetapkan Hasil Yang diinginkan
Saya dapat memanfaatkan internet secara bijak
2.      Penyimpangan Yang Terjadi
Saya Tidak dapat memanfaatkan internet secara bijak
3.      Menentukan Prediktor hasil (Establish Predictors of Result)
Saya akan bisa memanfaatkan Internet secara bijak
4.      Menentukan Jaringan Informasi & umpan balik (Establish the information and feedback network)
Media-media yang saya akan gunakan adalah referensi yang akan saya ambil dari internet tentang penggunaan internet dan saya akan berkonsultasi dengan pihak provider internet misalnya, Telkom
5.      Menilai informasi dan pengambilan tindakan perbaikan (evaluate information take corrective action
Target yang akan saya capai adalah saya dapat memanfatakan ionternet secara bijak tetapi pada saat ini saya belum dapat memanfaatkan internet secara bijak

1.      Pengendalian ynag saya lakukan adalah pengendalian yang berkaitan dengan jenis-jenis pengendalian yang ada dalam teori yaitu Pengendalian Teknis (Technical Control) karena,Pengendalian ini ditujukan kepada hal-hal yang bersifat fisik yang berhubungan dengan tindakan dan teknis pelaksanaan.

Penulis adalah seorang yang tertarik dengan bisnis modern dan senang berbagi informasi terkait bisnis dan keuangan serta teknologi yang merupakan passion penulis.~Sharing is simple~