Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Sebar Kuesioner | RIMAN PORTAL

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Sebar Kuesioner

SERVER PULSA TERPERCAYA
Kuesioner atau angket merupakan sebuah instrumen yang cukup umum digunakan untuk melakukan sebuah riset baik skala kecil maupun besar. Terkadang untuk sebagian orang yang baru memulainya (awam) akan sedikit membutuhkan panduan penyiapan kuesioner.
Lantas, hal-hal apa yang perlu dipersiapkan untuk menyebarkan suatu kuesioner?

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk memepersiapkan kuesioner untuk disebar;

Pengujian Validitas.
Pengujian validitas diperlukan untuk mengetahui mana poin-poin pernyataan yang layak dan tidak layak untuk di masukan dalam suatu angket. Untuk mempermudah hal ini dapat didukung dengan teori-teori dan pendapat para ahli yang yang dapat daijadikan acuan dalam pembentukan pernyataan. Selain itu juga dapat dengan mengikuti riset terdahulu yang pernah sukses menjawab permasalahan riset sejenis dengan yang Anda lakukan.

Menetapkan Kuesioner.
Setelah dilakukan pengujian validitas dan telah diketahui pernyataan yang layak dan tidak layak, maka selanjutnya penyatuan kuesioner secara runtut, jelas, dan akurat dan jangan sampai ada kata-kata atau bahasa yang mungkin membingungkan atau kurang dimengerti oleh responden.

Menyiapkan Instrumen Penyebaran Kuesioner
Persiapan selanjutnya adalah penyiapan Instrumen untuk membantu secara efisien penyebaran kuesioner. Untuk melakukan penyebaran kuesioner dapat dilakukan secara Offline maupun secara Online. Apabila sasaran responden Anda dapat dengan mudah dijangkau menggunakan Internet (daring) maka efisiennya Anda menyiapkan instrumen respon kuesioner menggunakan form online, misalnya Google Forms atau layanan lainnya yang bisa digunakan secara gratis. Akan tetapi, jika responden tidak mudah di jangkau secara Online, maka gunakan lebih efisiennya dapat dengan mencetak kuesioner dan menyebarkannya secara langsung (face to face) atau mengirimkannya melalui pos (jika jauh).

Menyebarkan Angket.
Setelah semuanya telah dipersiapkan, dengan baik langkah selanjutnya adalah menyebarkan kuesioner menggunakan instrumen yang telah kita tetapkan. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui dan melakukan beberapa hal sebelum menyebarka ke responden, diantaranya;
a Temu janji
Bila Anda membawa nama institusi atau sebuah organisasi, perlu membawa surat atau keterangan untuk melakukan sebuah riset. Lalu, pastikan mereka telah mengetahui dan memahami maksud Anda. Sehingga ketika Anda datang kembali, mereka tidak akan bingung lagi. Sebanarnya hal ini tidak bisa diterapkan bila responden Anda menyebar dan bukan pada suatu populasi yang mudah dijangkau. Sehingga Anda tidak perlu melakukannya.
a Jaga Kesehatan
Ya, Anda perlu menjaga stamina sebelum Anda melakukan sebar kuesioner, apalagi jika responden yang akan Anda jangkau membutuhkan sebuah kegigihan yang ekstra dan dilakukan secara offline.
a Jangan SPAM
Jika penyebaran kuesioner secara online. Anda jangan melakukan SPAM, karena hal itu merupakan sesuatu tindakan yang tidak baik dan mengganggu orang lain.
a Mulai Sebar
setelah semuanya siap, mulailah untuk menyebarkan kuesioner.

Demikian informasi terkait hal-hal yang perlu disiapkan dalam penyebaran suatu angket yang dapat saya ulas dalam laman ini. Semoga dapat bermanfaat. Jika Anda suka jangan lupa bagikan menggunakan share button yang ada dibawah. Apabila ada yang ingin ditanyakan/ didiskusikan, sempatkan waktu untuk berkomentar di kolom komentar yang tersedia dibawah. Terima kasih