Cara Cepat Hafal Akun dalam Akuntansi | RIMAN PORTAL

Cara Cepat Hafal Akun dalam Akuntansi

SERVER PULSA TERPERCAYA
Akun-akun merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia akuntansi. Ya, karena semua pencatatan sampai pada pelaporan keuangan menyangkut dengan berbagai macam klasifikasi akun.

Sebenarnya, pada dasarnya akun-akun hanya terdiri dari lima klasifikasi. Diantaranya adalah: Klasifikasi Aset/Harta, Hutang, Modal, Pendapatan Beban.


Memang dari kelima klasifikasi tersebut akan terbagi-bagi lagi. Akan tetapi, ketika kelima klasifikasi akun tersebut telah diketahui maka akan sangat mudah untuk menghafal jenis akun yang ada dalam akuntansi. Mungkin hanya sedikit analisis saja untuk mengetahui suatu transaksi masuk dijenis akun apa.

Oleh karena itu, hal terpenting adalah memahami betul ke lima jenis klasifikasi yang telah disebutkan di atas. Setelah jenis klasifikasi tersebut dipahami, maka barulah kita mulai belajar mengetahui bagian-bagian yang termasuk dalam 5 klasifikasi tersebut.

Diantaranya adalah Aset/Harta terbagi atas Harta lancar dan tidak lancar, Hutang terbagi hutang Jangka panjang dan Jangka pendek, dan jenis klasifikasi lainnya.
Demikian hal yang bisa dishare kali ini. Walaupun simple, mudah-mudahan dapat bermanfaat. Terima kasih.