Manfaat QRIS Untuk Pengusaha dan Pengguna

SERVER PULSA TERPERCAYA

Kemudahan akibat teknologi sudah sangat terasa saat ini dari berbagai lini dalam lapisan masyarakat. Dalam dunia keuangan saat ini pula kini telah hadir yang namanya QRIS.


Apa itu QRIS?

QRIS (Qiuck Response Indonesia Standar) merupakan suatu metode sistem pembayaran yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk menyatukan seluruh pembayaran menggunakan E-money seperti ovo, gopay, sakuku, linkAja dan berbagai e-money lainnya. Jadi dengan adanya QRIS untuk melakukan pembayaran kita tidak harus memiliki banyak e-money di handphone kita, Karena bila pemilik usaha ataupun bisnis sudah menggunakan QRIS maka kita dapat melakukan pembayaran menggunakan E-money dan mobile banking yang sudah mendukung pembayaran Scan QRIS.




Bank Indonesia menjelaskan bahwa: 

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS


Dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.


QRIS memiliki karakteristik UNGGUL yang merupakan kepanjangan dari:


UNiversal

QRIS dapat menerima pembayaran aplikasi pembayaran apapun yang menggunakan QR Code, jadi masyarakat tidak perlu memiliki berbagai macam aplikasi pembayaran.


GampanG

Masyarakat: Mudah, tinggal scan dan klik, bayar.

Merchant: Mudah, tidak perlu memajang banyak QR Code, cukup satu QRIS yang dapat dipindai menggunakan aplikasi pembayaran QR apapun.

Untung

Pengguna: Dapat menggunakan akun pembayaran QR apapun untuk membayar.

Merchant: Cukup punya minimal 1 akun untuk menerima semua pembayaran QR Code.


Langsung

Pembayaran dengan QRIS langsung diproses seketika. Pengguna dan merchant langsung mendapat notifikasi transaksi.



Manfaat QRIS Untuk pengusaha

QRIS membantu pengusaha dalam melayani pelanggan dalam melakukan pembayaran yang mana sebelumnya harus menggunakan uang tunai, sekarang tidak perlu lagi (cashless) Jadi pengusaha tidak perlu menyediakan banyak uang tunai maupun uang kecil. Selain itu pengusaha tidak perlu menyediakan kode dari banyak fintech atau kode QR dari bank. Yang mana sebelumnya pengusaha harus menjejer berbagai kode di kasir sebagai kode yang dapat digunakan pembeli untuk melakukan pembayaran. Tapi sekarang tidak perlu dengan adanya QRIS. 


Menurut bank Indonesia, QRIS memberikan berbagai manfaat diantaranya:


Manfaat Bagi Merchant:

  • Penjualan berpotensi meningkat karena dapat menerima pembayaran berbasis QR apapun.

  • Meningkatkan branding.

  • Kekinian.

  • Lebih praktis karena cukup menggunakan satu QRIS.

  • Mengurangi biaya pengelolaan kas.

  • Terhindar dari uang palsu.

  • Tidak perlu menyediakan uang kembalian.

  • Transaksi tercatat otomatis dan bisa dilihat setiap saat.

  • Terpisahnya uang untuk usaha dan personal.

  • Memudahkan rekonsiliasi dan berpotensi mencegah tindak kecurangan dari pembukuan transaksi tunai.

  • Membangun informasi credit profile untuk memudahkan memperoleh kredit kedepan


Manfaat Bagi pengguna 

Bagi pengguna Sendiri, maanfaat nya tidak lain adalah mempermudah pembayaran dan mengefisienkan waktu dalam pembayaran dimana pengguna cukup membuka aplikasi pembayaran kemudian scan and pay!


  • pembayaran pun Cepat dan kekinian.

  • Tidak perlu repot lagi membawa uang tunai.

  • Tidak perlu pusing memikirkan QR siapa yang terpasang.

  • Terlindungi karena semua PJSP penyelenggara QRIS sudah pasti memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia.


Nah, untuk pengusaha atau merchant yang ingin menggunakan layanan QRIS dan memiliki Kode pembayaran khusus untuk usaha maka pengusaha perlu melakukan pendaftaran QRIS  atau pembukaan rekening maupun pembuatan Akun di penyelenggara QRIS yang sudah di setujui oleh diantaranya adalah DANA, LinkAja, SPIN, Paytren, Doku, dan OVO.


~SHARING IS SIMPLE~

0 Response to "Manfaat QRIS Untuk Pengusaha dan Pengguna"

Contact Form

Name

Email *

Message *