LWB7NWF8LGBdLGxcNaZ5MqRdNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Asumsi Dasar Dalam Akuntansi


Terdapat beberapa hal yang menjadi asumsi dasar dan melandasi struktur akuntansi. Asumsi- asumsi yang menjadi anggapan dasar dalam akuntansi adalah:


1. Kesatuan Usaha Khusus (Economic Entity)

Suatu perusahaan dipandang sebagai unit usaha yang terpisah dengan pemiliknya. Perusahaan dianggap sebagai unit akuntansi yang terpisah dengan pemiliknya atau dengan unit usaha yang lain.


2.Kontinuitas Usaha (Going Concern)

Suatu perusahaan dianggap akan hidup terus dalam jangka panjang dan tidak akan dilikuidasi di masa depan.


3. Penggunaan Unit Moneter (Monetary Unit)

Beberapa pencatatan dalam akuntansi dapat menggunakan unit fisik atau satuan yang lain. Akan tetapi, karena tidak semua aktivitas dapat menggunakan satuan yang sama, Akuntansi menggunakan satuan moneter sebagai dasar pelaporannya.


4. Periode Waktu (Time-Period)

Walaupun perusahaan diasumsikan akan hidup terus dalam jangka panjang, tetapi dalam proses pelaporan informasi keuangan seluruh aktivitas perusahaan dalam jangka panjang dibagi menjadi periode-periode aktivitas selama jangka waktu tertentu. 


Penyajian informasi keuangan ke dalam periode waktu tersebut adalah untuk memberikan batasan aktivitas selama waktu tertentu.


TAG: SIKLUS DASAR AKUNTANSI, ASUMSI DASAR


Referensi

Rudianto.2012.Pengantar Akuntansi.Jakarta: Erlangga

Share This Article :
Riman Lambase

I am a Digital Creator, Online Marketer. Suka Menulis, dan Mempelajari hal-hal baru mengenai, bisnis dan keuangan. Penulis berhasil meraih gelar Sarjana Ekonomi dengan fokus jurusan Akuntansi, yang melalui website ini penulis ingin sharing.

8660559609713086202