LWB7NWF8LGBdLGxcNaZ5MqRdNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

PENGELOMPOKAN AKUN DALAM BUKU BESAR

 


PENGGOLONGAN AKUN DALAM BUKU BESAR

Secara umum, seluruh akun penggolongan akun dalam akuntansi yang ada dalam buku besar perusahaan dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok besar, yaitu:


1. Akun-akun laporan posisi keuangan

Akun-akun laporan posisi keuangan atau disebut juga akun permanen (sebagian menyebutnya sebagai akun riil), yaitu semua akun yang terdapat dalam laporan posisi keuangan, seperti kelompok akun aset, kelompok akun utang, dan akun ekuitas. 


Saldo akun permanen terus dilanjutkan/diakumulasikan dari waktu ke waktu. Jadi, selama perusahaan tersebut masih beroperasi, saldo setiap akun tersebut akan terus ada atau terbawa dari satu periode akuntansi ke periode akuntansi berikutnya.


2. Akun-akun Laba Rugi

Akun-akun laba rugi atau disebut juga akun temporer (sebagian menyebutnya sebagai akun nominal), yaitu semua akun yang terdapat dalam laporan laba rugi, yang mencakup akun pendapatan dan akun beban. 


Akun-akun temporer hanya dipertahankan selama satu periode akuntansi. Pada awal periode berikutnya, akun nominal harus dimulai dari nol. Jadi, setiap akun nominal hanya berumur satu periode akuntansi.

PENGGOLONGAN AKUN PERMANEN DAN TEMPORER

Dari klasifikasi kelompok akun tersebut - di mana seluruh akun yang digunakan oleh entitas dapat dikelompokkan ke dalam kelompok akun permanen dan kelompok akun temporer dipilah lagi menjadi beberapa golongan akun yang lebih terinci, seperti berikut:


ASET

Aset Lancar

Investasi Jangka Panjang

Aset Tetap Berwujud

Aset Tetap Tidak Berwujud

Aset Lain-lain

KEWAJIBAN DAN EKUITAS

Utang Jangka Pendek

Utang Jangka Panjang

Ekuitas

PENDAPATAN

BEBAN OPERASI

Beban Pemasaran

Beban Administrasi & Umum


Secara Garis Besar :

Kelompok akun Temporer terdiri dari :

  • Pendapatan

  • Beban

  • Dividen


Kelompok akun Akun Permanen

  • Aset

  • Kewajiban

  • Ekuitas


Demikian uraian materi jenis-jenis penggolongan dalam buku besar. Semoga dapat menambah wawasan. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk sharing ke teman lainnya. Dan apabila ada saran dan kritik silahkan untuk mengirimkan email melalui laman kontak yang ada di laman website ini.


TAG: AKUN DAN MANFAATNYA, PENGELOMPOKAN AKUN


Referensi

Rudianto.2012.Pengantar Akuntansi.Jakarta: Erlangga

Share This Article :
Riman Lambase

I am a Digital Creator, Online Marketer. Suka Menulis, dan Mempelajari hal-hal baru mengenai, bisnis dan keuangan. Penulis berhasil meraih gelar Sarjana Ekonomi dengan fokus jurusan Akuntansi, yang melalui website ini penulis ingin sharing.

8660559609713086202